Minggu, 18 Oktober 2015

TERNAK KENARI

Ternak burung kenari-merupakaan hoby,namun sekaligus bisa juga merupakan lubang bisnis bagi sebagian orang.Di sini akan kita bahas tentang tata cara eternak burung kenari.Bagi pemula yang belum mengetahui tentang seluk beluk beternak kenari,artikel ini sangat cocok untuk di jadikan panduan.
Baiklah, kita langsung ke topik utama yaitu cara berternak atau budidaya burung kenari bagi pemula.


TERNAK KENARI

cara ternak kenari

Sebelum memulai berternek kenari sebaikya anda harus memperhatikan faktor-faktor berikut ;
    Usia burung kenari
Usia burung kenari menjadi salah satu faktor yang penting dalam memulai budidaya kenari. Pada umumya indukan yang sudah siap di kawinkan untuk kenari jantan berumur sekitar 8 bulan, sedangkan untuk indukan burung kenari betina kira-kira sudah berumur 6 bulan. Jadi kita harus tau kapan kenari siap untuk di kawinkan, karena bila usia kenari masih terlalu muda untuk di kawinkan akan mempengaruhi kualitas anakan yang akan di hasilkan.

    Jenis kelamin burung kenari

Dalam berternak kenari anda harus wajib mengenali jenis kelamin burung kenari. Mungkin untuk para master kenari sangat mudah membedakan kenari jantan dan betina tapi untuk seorang pemula pasti akan mengalami kebingungan.

Cara membedakan burung kenari jantan dan betina :
- Pada umur 5 bulan atau lebih, biasanya kenari jantan warnanya lebih terang. pada bagian tertentu warnanya lebih tajam khususnya pada bagian dekat kepala. Pusat kepala pada burung kenari betina yang berwarna kuning akan menjadi sangat terang.

- Cara membedakan burung kenari bisa kita lihat dari bentuk kepala, untuk burung kenari yang jantan biasanya memiliki bentuk kepala yang pipih, sedangkan untuk burung kenari betina biasanya memiliki bentuk kepala yang bulat
- Apabila pada umur 6 bulan belum ketahuan jenis kalaminnya ,kenari yang dicampur diantara banyak kenari-kenari maka menari betina akan duduk lebih rendah lebih hal tersebut di karenakan struktur badannya. Dan juga biasanya kenari betina akan berkelahi dengan kenari jantan ketika ingin berkicau atau mempraktekan suaranya. Meskipun sang betina dalam kondisi tidak sedang dalam masa bertelur dan ini hanya sekedar ingin berkicau saja.

- Cara membedakan dari dubur burung kenari, biasanya burung kenari jantan memiliki tonjolan di bagian duburnya, dan burung kenari betina biasanya tidak memiliki tonjolan pada dubur burung tersebut.
Demikian sekilas tentang cara memedakan jenis kelamin burung kenari.Kemudian setelah itu hal yang perlu di perhatikan adalah tentang kandang.
    Kandang atau sangkar untuk kenari

Sangkar burung kenari

Sebaikya tempatkan sangkar burung kenari menempel di dinding hal ini bertujuan agar sangkar tidak goyang-goyang. Tempatkan sangkar di tempat yang teduh dan jauh dari keramaian agar saat kenari mengerami telurnya tidak merasa terganggu. Tempatkanlah sangkar di daerah yang aman dari gangguan semut atau pun serangga serta tempatkanlah burung kenari pada sangkar yang cukup luas dan tidak terlalu sempit.

    Proses perjodohan kenari

Proses yang satu ini memang agak rumit dan sulit karena tidak semua kenari yang kita jodohkan akan berhasil. Jika anda merawat anak kenari dari kecil dan mempunyai jenis kelamin yang berbeda kemungkinan besar anakan kenari ini akan sangat mudah untuk di jodohkan. Tapi jika anda membeli burung kenari eceran atau misalnya anda sudah mempunyai burung kenari jantan di rumah dan membeli lagi burung kenari betina di pasar tentunya burung kenari tersebut mungkin tidak langsung bejodoh jadi anda harus berusaha menjodohkan  terlebi dahulu dengan cara :
Tempatkan kenari jantan dan betina di sangkar yang berbeda dan kedua sangkar tersebut di letakan saling berdekatan. Biarkan proses perjodohan kenari ini berlangsung hingga beberapa hari sampai sang betina mengelepar leparkan sayapnya dan terus mendekati kenari jantan sementara pejantan juga akan merespon kenari betina.
Dengan adanya proses tersebut anda akan tau kesiapan kenari tersebut untuk kawin.
Lakukan hal tersebut setiap hari sampai terlihat tanda-tanda sang jantan bila di dekatkan dengan betina akan mengejar atau menabrak sangkar dengan kencang dan sang betina menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.
Biasanya pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari jantan dan betina tidur saling berdekatan.
Cara ternak atau budidaya burung kenari selanjutnya adalah dengan menaruh sarang. Bila Burung kenari betina mulai menyusun dan merapikan sarang berarti sang betina ini sudah siap untuk bertelur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar