Rabu, 21 Oktober 2015

Ternak Serius Murai Batu Sangat Menjajikan

Ternak Serius Murai Batu Sangat Menjajikan      Bagi para peternak burung,murai batu adalah salah satu jenis burung yang jika di tangani secara serius   hasilnya sangat menjanjikan namun yang pasti perlu ketekunan dan ketelatenan.
Para peternak burung murai batu mampu meraih omset hingga ratusan juta,bahkan  bisa lebih. Murai batu merupakan salah satu burung istimewa dengan bentuk ekor yang menjurai tinggi. Burung murai batu mempunyai suara yang khas, indah dan merdu, bentuk tubuhnya mungil dan juga menarik. Burung ini banyak diminati oleh para pecinta burung, mereka tertarik dari bentuk tubuh dan dari kualitas suaranya.

     Harga jual burung murai batu pun sangat tinggi. Satu ekor burung murai batu bisa berharga 500 ribu sampai 2 juta rupiah tergantung dari kualitasnya, bahkan pernah ada yang menawar burung murai batu ini mulai dari harga puluhan hingga ratusan juta karena kualitas burungnya yang sangat bagus. Untuk burung yang sering memenangi kompetensi tentu memiliki harga jual yang lebih tinggi lagi. Dari harga jual yang tinggi inilah kenapa keuntungan peternak burung murai batu mampu menembus omset ratusan juta perbulannya.Bagi pemula yang ingin mencoba ternak murai batu silahkan membaca artikel ini.

Cara Budidaya Burung Murai Batu Agar Hasilnya maksimal
Dibawah ini beberapa hal berkenaan dengan persiapan berternak murai batu :
1. Pembuatan Kandang
Langkah awal berternak burung murai batu adalah menyiapkan kandang, Idealnya kandang atau sangkar murai batu berukuran pxlxt  80 x 80 x 200 cm namun anda dapat menambah jumlah ukurannya disesuaikan dengan jumlah burung yang akan kita ternak. Dinding kandang terbuat dari kawat ram berfungsi untuk asupan udara dan sinar matahari yang cukup.

2. Pemberian Pakan
  Pakan yang dikonsumsi burung murai batu tidak berbeda jauh dengan burung kicauan lainnya yakni voer, serangga, cacing dan kroto. Usahakan memberikan pakan yang mengandung protein tinggi, karena burung ini membutuhkan banyak protein untuk perkembangannya. Perhatikan juga dalam pemberian pakan, usahakan jangan terlalu berlebihan yang berakibat merusak bentuk tubuhnya menjadi gendut yang dapat menyebabkan harga jual burung ini kurang melejit.

3. Menjaga Kebersihan Bulu dan Ekor Burung
Karena burung ini memiliki ekor yang panjang, anda harus ekstra dalam menjaga kebersihan burung ini. Semakin indah bulu dan ekornya dapat meningkatkan harga jual burung . Perawatan yang bisa kita lakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin dengan cara memandikannya, bisa 1 atau 2 hari sekali disemprot dengan air.

4. Menjaga Kebersihan Kandang
Menjaga kebersihan kandang sangat penting, selain dapat mencegah burung agar tidak mudah kotor juga dapat mencegah burung agar tidak terkena penyakit. Selalu bersihkan tempat pangkringan bagi burung dan jaga agar pangkringan tersebut tetap kering. Pangkringan yang basah akan membuat kaki burung seperti terkelupas. Bersihkan juga secara rutin tempat makan dan minum.

5. Menambah Nilai Jual Dengan Mengikutkan Kompetensi/ lomba
Salah satu cara mendongkrak nilai jual burung adalah dengan mengikutkan dalam kompetensi/ lomba burung. Karena burung yang sering menjuarai lomba bisa naik berlipat harganya. Pilih yang terbaik dari beberapa burung yang anda ternak, latih dan berikan perawatan ekstra untuk mengikutkannya dalam kompetensi atau lomba burung. Mengikutkan kompetensi tidak hanya bertujuan untuk menang tetapi juga melatih mental bagi burung.
Demikianlah sedikit tips usaha ternak burung murai batu . Semoga tips ini dapat bemanfaat dan menambah pengetahuan anda seputar burung murai batu,selamat mencoba,semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar